PPLK SYELDAH INDONESIA

 

KURSUS TATA BOGA DAN PATISERI

 

Pasar Modern Puncak Permai Ruko No.101
Jl. Raya Darmo Permai III, Surabaya
Telp/Fax :(031)99001004,(031)34248048,087877918936,085731709748
Email : syeldah_indonesia@yahoo.com

 

 

Pelatihan Masak Untuk Usaha di Balur Jaltim Bersama PPLK SYELDAH INDONESIA


Berkembangnya usaha kuliner yang begitu pesat tentu membuat setiap orang ingin mencari peluang usaha di bidang ini. Hal ini membuat sebagian orang yang belum mempunyai bekal ketrampilan di bidang kuliner dan patiseri ingin sekali belajar ataupun memperdalam pengetahuannya di bidang ini. Alasan ini pula yang menjadi dasar diadakannya acara Bektram Tata Boga Balurjaltim 2013.

 

 

 


 

 

 


 

 

 

Acara ini diadakan di Balur Jaltim yang merupakan singkatan dari Badan Penyalur Tenaga Kerja Angkatan Laut Wilayah Timur yang dimulai pada hari Selasa (02/12). Acara Bektram yang merupakan singkatan dari Pembekalan dan Ketrampilan ini sendiri berlangsung selama beberapa hari dengan tema yang berbeda setiap harinya. 

 

 

 

 

 

 

 


         

Sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan professional di bidang kuliner, kali ini PPLK SYELDAH INDONESIA yang beralamatkan di Pasar Modern Puncak Permai Ruko No.101 Jl. Raya Darmo Permai III, Surabaya Telp/Fax : (031)99001004,(031)34248048,087877918936 mendapatkan kepercayaan untuk memberikan pelatihan pembekalan dan ketrampilan tata boga di Balur Jaltim 2013. Acara pelatihan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari para ibu Jalasenastri, keluarga besar TNI Angkatan Laut, Armatim, Lantamal V Surabaya, AAL, Kobangdikal, Pus Penerbal, Marwil Tim serta UPT Mabesal. Materi pelatihan Bektram ini diajarkan oleh tenaga pengajar dari PPLK SYELDAH INDONESIA yang ahli di bidangnya masing-masing yaitu CHEF EKO  dan CHEF  ELISA serta dibantu oleh beberapa Assisten masak PPLK SYELDAH INDONESIA. 



 

 




         

 

 

 

 

Acara Bektram yang rutin diadakan 2 kali setahun oleh Balur Jaltim ini mengingat Balur Jaltim mempunyai 3 fungsi yaitu sebagai Penyaluran, Pemukiman serta Pembekalan dan Ketrampilan (Bektram). Sedangkan tujuan diadakannya Bektram ini adalah untuk memberikan pembekalan dan ketrampilan kepada para anggota TNI AL yang menjelang purna atau pensiun agar nantinya setelah purna mereka bisa lebih mandiri dan bisa membuka usaha di bidang kuliner seperti membuka restoran, usaha catering dan lainnya. Adapun materi yang diajarkan ini merupakan materi yang dipilih oleh Letnan Kolonel Bambang Poernomo selaku Kepala Seksi Lapangan Pekerjaan (Kasi Lapja). Pemilihan materi yang diajarkan ini ditentukan berdasarkan tren kuliner yang ada di pasaran saat ini. 
      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


    Beberapa materi yang diajarkan kali ini antara lain Bebek Presto Sambal Pencit, Bakso Halus dan Kasar, Ayam Tulang Lunak, Brownies Telo ungu, dan aneka minuman lemon squas  yang semua materi-materi ini dibagi selama beberapa hari. 
Keahlian dari para pengajar dalam memberikan materi memang tak perlu diragukan lagi, karena pengajar selalu berinteraksi dengan para peserta.
Seperti yang terlihat dalam pelatihan kali ini yang diajarkan cara membuat manggo spritzer., PETRUS selaku pengajar F&B CONSULTAN PPLK SYELDAH INDONESIA tampak begitu semangat memberikan pengarahan kepada seluruh peserta BEKTRAM TATA BOGA 2013 cara membuat manggo spritzer. 
         

 

 

 

 

 

 

 




 Peserta yang terdiri dari 30 orang ini dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok ini akan mempraktikkan 4 macam masakan. Tak hanya sekedar memasak, pada awal pelatihan para peserta juga diajak untuk mempersiapkan semua bahan yang akan digunakan dalam praktik mulai dari menimbang, mengupas, memotong hingga membersihkan bahan. 

 

 

 

 

 

 

 

 




Setelah bahan siap, satu per satu resep kemudian dipraktikkan. Berbagai tips dan tanya jawab pun juga diberikan disela-sela praktik berlangsung. Para peserta yang kesulitan dalam praktik juga akan dibantu oleh beberapa Assisten masak PPLK SYELDAH INDONESIA  yang ikut membantu kelancaran jalannya pelatihan. Selesai dengan mempraktikkan semua materi yang diajarkan, maka chef Eko juga ikut memberi contoh cara menyajikan makanan yang benar dan menarik. Para peserta pun sangat antusias melihat penjelasan chef . 

          Setelah makanan ditata sedemikian rupa, maka para peserta bisa langsung mencicipi makanan hasil praktik yang sudah disajikan. Para peserta Bektram TataBoga 2013 merasa puas dengan jalannya pelatihan ini. Karena selain materi yang diajarkan menarik, juga diajarkan oleh tenaga-tenaga yang ahli di bidangnya. Tidak hanya peserta saja yang puas dengan pelaksaaan Bektram kali ini, 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                 Letkol Bambang Poernomo
pun juga merasa sangat puas dengan pelatihan yang diajarkan oleh PPLK SYELDAH INDONESIA ditahun 2013 ini dibandinig pelatihan tata boga tahun lalu. Saya sangat senang dan puas dengan pelaksanaan Bektram 2013 kali ini, karena materi dan sistem pembelajarannya sangat pas untuk diterapkan di tempat kami. Saya harap tim PPLK SYELDAH INDONESIA bisa mengajar di tempat kami kembali 4 kali dalam setahun pada acara Bektram Tata Boga selanjutnya ujarnya di sela-sela melihat kegiatan Bektram Tata Boga 2013.

 





 

 

 

 

 

 

 


Kali ini PPLK SYELDAH INDONESIA mengadakan pameran bersama Event Organiser Debindo dalam rangkah Hari Jadi HUT Surabaya Yang Ke – 721 Surabaya Great Expo 2014 dimana PPLK SYELDAH INDONESIA mengundang salah satu Finalis MASTER CHEF 2011 Yaitu chef Sarwan alias “Chef Katrok” .

Finalis MASTER CHEF 2011 Yaitu chef Sarwan alias “Chef Katrok” .

Dimana dalam rangkaian acara tersebut chef “Katrok” Sarwan dan Chef Elisa Yakni Tutor PPLK Syeldah Indonesia Mengadakan Demo Masak Diantaranya Menu Udang Sambal Bangkok dan Bolu Kukus Tanpa Air soda .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 


Dengan Antusias Para Pengujung Pameran Berbondong –bondong mendekati panggung untuk melihat aksi demo chef “Katrok” Sarwan dan Chef Elisa Yakni Tutor PPLK syeldah Indonesia.
 

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

 

 

Antusias Para Pengujung Grand City

Acara pertama dibuka dengan aksi demo masak Chef sarwan dengan Menu Udang Sambal Bangkok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



dimana para pengujung diajarkan cara memasak sembarang pasti Uwenaak Sorooo...
Sesuai dengan buku karangan chef Sarwan yang hanya di perjual belikan di stand PPLK SYELDAH INDONESIA

Dengan Sengat Chef sarwan memberikan wejangan pengalaman kepada penonton cara memasak resep – resep yang ada pada buku tersebut .
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Acara kedua Chef Elisa memberikan demo membuat Bolu Kukus Tanpa Air Soda
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang Dapat mengembang tanpa Air Soda sesuai dengan buku resep nya


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

yang sudah banyak terjual Pasaran dan merupakan Buku Beseller



















Profil Tutor PPLK SYELDAH INDONESIA
“Chef Elisa “



Buku Best seller Yang Dijual pada stand Pameran PPLK SYELDAH INDONESIA di Pameran Hari Jadi HUT Surabaya Yang Ke – 721 Surabaya Great Expo 2014
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

''

 

 

 

 



Suasana para penonton mencicipi masakan Chef Sarwan Udang Sambal Bangkok


















Dan Kunjungan Chef Sarwan Ke Tempat Pameran PPLK SYELDAH INDONESIA dalam rangkah Hari Jadi HUT Surabaya Yang Ke – 721 Surabaya Great Expo 2014
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kemeriahan dalam rangkah Hari Jadi HUT Surabaya Yang Ke – 721 Surabaya Great Expo 2014 tidak dilewatkan para pengunjung Pameran di Grand City Surabaya















 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meet and Great & Pembagian Doorprise bagi Pengujung dalam rangkah Hari Jadi HUT Surabaya Yang Ke – 721 Surabaya Great Expo 2014.






 

EVEN COOKING DEMO CHEF SARWAN ' KATROK' DI GRAND CITY